...

3 Manfaat Loyalty Program bagi Bisnis

Sudah coba berbagai macam langkah untuk mempertahankan customer, namun tetap gagal? Mungkin, keliru satu hal yang wajib anda menyimak adalah loyalty program.

Seperti yang kita tahu, kepuasan dan komitmen pelanggan adalah keliru satu kunci bagi perusahaan untuk konsisten tetap berkembang ke depannya.

Tanpa adanya pelanggan, perusahaan otomatis tidak memperoleh pemasukan. Hal itu tentu dapat sebabkan ia tidak bertahan didalam jangka pas panjang.

Oleh dikarenakan itu, mutlak untuk mengetahui apa itu loyalty program beserta langkah menerapkannya untuk pelanggan.

Dalam artikel ini, Glints bakal mengupasnya lebih lanjut untukmu. Yuk disimak bersama-sama!

Apa Itu Loyalty Program?

3 Manfaat Loyalty Program bagi Bisnis

loyalty program adalah sebuah program penghargaan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan untuk melindungi mereka tetap setia bersama produk atau layanan yang ditawarkan.

Sederhananya, program komitmen didesain oleh perusahaan untuk mempertahankan bisnisnya didalam jangka pas panjang.

Sebagian besar dari anda tentu pernah mendapatkan contoh-contoh program penghargaan yang sudah diaplikasikan oleh produk atau layanan.

Misalnya, program membership, poin, cashback, diskon, hingga beli 1 gratis 1. Biasanya, program ini dilakukan untuk mempertahankan pelanggan lama agar konsisten belanja produk.

Akan tetapi, tidak menutup barangkali loyalty program termasuk didesain untuk menarik perhatian pelanggan baru.

Secara tidak langsung, program ini bakal membantumu untuk tingkatkan metrik costumer retention rate.

Semakin tinggi kadar retention rate-nya, tambah bagus untuk bisnismu.

Dalam praktiknya, program komitmen biasanya dibuat cocok kreativitas dari tiap-tiap perusahaan.

Manfaat Loyalty Program

Untuk perusahaan, sebaiknya jadi menyimak loyalty program bersama sungguh-sungguh kecuali belum mengaplikasikannya kepada pelanggan.

Pasalnya, hal selanjutnya memberikan bervariasi kegunaan untuk perusahaan, khususnya didalam melindungi keuntungan bisnis.

1. Membangun interaksi bersama customer

Seperti dilansir dari Zendesk, keliru satu kegunaan terbesar dari loyalty program adalah menciptakan interaksi yang kuat bersama pelanggan.

Bagaimana tidak, melalui program penghargaan tersebut, anda memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Secara tidak langsung, hal itu bakal memancing emosi positif pelanggan pada produk atau layanan yang diberikan.

2. Berbeda dari kompetitor

Di masa sekarang, tampaknya perusahaan wajib pandai didalam sebabkan bisnisnya terlihat berlainan bersama kompetitor.

Pasalnya, seiring bersama berjalannya waktu, persaingan usaha tambah ketat. Otomatis, anda tidak dapat memenangkannya kecuali tidak membawa suatu perbedaan yang menonjol.

Oleh dikarenakan itu, mutlak untuk sebabkan program komitmen kepada pelanggan agar membedakanmu bersama para kompetitor.

Jika program yang anda bikin menarik, ada barangkali besar pelanggan lebih cenderung mendambakan belanja produkmu dibandingkan bersama yang lain.

3. Menciptakan costumer advocacy

Apabila program penghargaan yang anda tawarkan menarik, ada barangkali pelanggan bakal merekomendasikan brand-mu kepada orang-orang terdekatnya.

Nah, hal selanjutnya otomatis termasuk menciptakan costumer advocacy. Kegiatan ini biasanya dinamakan sebagai strategi advocacy marketing.

Pelanggan-pelanggan selanjutnya bakal sukarela memperkenalkan brand-mu. Hal ini tentu bakal memetik keuntungan untukmu.

Sebab, anda tak wajib mengeluarkan dana untuk menciptakan merek awareness.

Leave a Comment