...

Apa Saja Langkah-langkah Dalam Menulis Teks Argumentasi

Dalam Menulis Teks Argumentasi Paragraf merupakan bagian yang secara fisik agak menjorok ke dalam. Paragraf adalah gabungan dari beberapa kalimat yang memiliki ide pokok pikiran dan informasi untuk mendukung isi karangan.

Paragraf berfungsi untuk memudahkan pengertian dan pemahaman dengan memisahkan satu topik dengan tema yang lain karena setiap paragraf hanya boleh mengandung satu unit pikiran atau ide pokok. Ada beragam jenis paragraf yang disajikan dalam sebuah tulisan. Satu di antara jenisnya ialah paragraf argumentasi. Apa itu paragraf argumentasi?

Paragraf argumentasi adalah sebuah tulisan yang isinya bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data atau fakta sebagai alasan/bukti. Jadi, paragraf argumentatif adalah sebuah karangan yang membuktikan kebenaran tentang sesuatu.

Dengan begitu, paragraf argumentasi tersebut bukan hanya omong kosong saja dan pembaca merasa yakin hingga pada akhirnya sependapat dengan sang penulis. Itulah sedikit penjelasan tentang paragraf argumentasi. Untuk lebih jelasnya perlu memahami ciri-ciri paragaraf argumentasi, jenis, hingga contohnya.

Langkah-langkah Dalam Menulis Teks Argumentasi

Paragraf argumentasi atau paragraf bahasan adalah suatu corak paragraf yang bertujuan membuktikan pendapat penulis agar pembaca menerima pendapatnya. Dalam paragraf ini penulis menyampaikan pendapat yang disertai penjelasan dan alasan yang kuat dan meyakinkan dengan maksud agar pembaca bisa terpengaruh.

Dasar tulisan argumentasi adalah berpikir kritis dan logis berdasarkan fakta-fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. Fakta-fakta tersebut dapat diperoleh dengan berbagai cara, antara lain bahan bacaan (buku, majalah, surat kabar, atau internet), wawancara atau angket, penelitian atau pengamatan langsung melalui observasi.

Selain itu, paragraf ini harus dijauhkan dari emosi dan unsur subjektif. Paragraf argumentasi dapat dikembangkan dengan pola sebab-akibat, yakni menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab tersebut.

Dalam penggunaannya, pola sebab-akibat dapat disajikan menjadi akibat-sebab, yaitu menyampaikan terlebih dahulu akibatnya kemudian dicari sebab-sebabnya. Kata penghubung antarkalimat yang dapat digunakan dalam paragraf ini, antara lain; oleh karena itu, dengan demikian, oleh sebab itu.

Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi

Untuk mengetahui apakah paragraf yang kamu baca adalah paragraf argumentasi, bisa diamati dari ciri-cirinya Ciri-ciri ini juga bisa kamu jadikan patokan untuk membuat paragraf argumentasi yang baik dan benar. Ciri-ciri dari paragraf argumentasi di antaranya adalah:

  • Berisikan pendapat penulis tentang suatu fenomena.
  • Pendapat disertai alasan logis dan fakta.
  • Memiliki data faktual yang mendukung pendapat penulis.
  • Fenomena dijabarkan dengan cara menganalisis dan memberikan analogi.
  • Diakhiri dengan kesimpulan berupa pendapat penulis secara lebih luas.

Jenis Paragraf Argumentasi

  1. Paragraf argumentasi rincian: Jenis paragraf argumentasi rincian adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa perincian.
  2. Paragraf argumentatif: Paragraf argumentasi contoh adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa contoh sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak dapat disangkal lagi oleh pembaca.
  3. Paragraf argumentasi sebab akibat: Paragraf argumentasi sebab akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab tersebut.
  4. Paragraf argumentasi akibat sebab: Paragraf argumentasi akibat sebab adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu akibatnya, kemudian dicari penyebabnya.

Cara Menyusun Paragraf Argumentasi

Lalu, bagaimanakah cara menyusun paragraf argumentasi? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyusun paragraf argumentasi:

  • Membuat topik terlebih dahulu.
  • Menetapkan tujuan karangan.
  • Melakukan observasi lapangan.
  • Membuat kerangka karangan.
  • Mengembangkan kerangka karangan.
  • Membuat kesimpulan.

Penutup

Bagaimana sudah paham dengan Apa Saja Langkah-langkah Dalam Menulis Teks Argumentasi diatas tadi? maka dengan begitu itulah tadi pejelasan yang dapat semester.co.id bagikan dan semoga informasi kali ini dapat memberikan penjelasan yang tepat dan juga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Leave a Comment