Cara Cek Kecepatan Internet di HP, Tablet & PC Tanpa Aplikasi

Sekarang ini, internet telah jadi kebutuhan pokok tiap-tiap orang. Banyak masyarakat yang pada akhirnya memanfaatkan sarana WiFi rumahan layaknya IndiHome dan semacamnya. Terkadang, banyak yang penasaran seberapa cepat sarana internet yang mereka gunakan, jadi inginkan mengeceknya.

Mengecek kecepatan internet ada banyak, hasilnya pun akurat, meliputi kecepatan download dan upload. Cek kecepatan WiFi bisa ditunaikan bersama dengan gampang melalui web terkait. Di artikel ini, dapat dibahas bagaimana cara cek kecepatan internet yang benar, cepat dan akurat.

Istilah yang Berkaitan bersama dengan Kecepatan Internet

Cara Cek Kecepatan Internet di HP, Tablet & PC Tanpa Aplikasi

Sebelum masuk ke pembahasan cara cek kecepatan internet, anda harus menyadari istilah-istilah yang perihal dengannya. Hal ini penting, agar anda bisa menyadari hasil tes kecepatan internet, dan bisa menyimpulkan apakah internet yang anda memanfaatkan lambat, memadai cepat atau amat cepat.

1. Download Speed

Pertama ada download speed, yakni kecepatan download yang dimiliki oleh sebuah jaringan internet. Ketika cek kecepatan internet selesai, dapat terlihat angka di download speed. Ini menunjukkan kecepatan koneksi internet pas mengunduh data.

Jadi, semakin besar angka di download speed, maka semakin cepat pula koneksi internet berikut untuk mengunduh data. Ketika anda tidak bisa download secepat biasanya, tentu ada yang tidak benar bersama dengan jaringan, dikarenakan kecepatan download speed turun.

2. Upload Speed

Kebalikan dari download speed, angka yang terlihat di upload speed menunjukkan seberapa cepat koneksi internet yang anda memanfaatkan pas mengunggah data ke internet. Jadi, semakin besar angka di upload speed, maka semakin cepat pula proses upload data.

3. Ping

Berikutnya adalah ping, yang menunjukkan jeda pas yang diperlukan data untuk ditransfer dari satu host ke obyek dan ulang lagi. Dalam ping, semakin kecil angkanya, maka semakin cepat koneksi internet, yakni di pada 0-10 ms (hasil yang paling bagus).

4. Jitter

Istilah di cek kecepatan internet yang harus anda menyadari selanjutnya adalah jitter, arti yang mengindikasikan fluktuasi nilai ping. Maksudnya adalah, angka yang dicantumkan di jitter menunjukkan stabilitas koneksi intenret. Semakin rendah angka yang muncul, maka semakin bagus koneksi internet-nya.

Cara Cek Kecepatan Internet

Cara Cek Kecepatan Internet di HP, Tablet & PC Tanpa Aplikasi

Ada banyak cara cek kecepatan WiFi, yang paling gampang adalah bersama dengan web cek kecepatan, yang banyak ada di internet. Kamu bisa mengaksesnya bersama dengan gampang melalui browser, bisa dari ponsel maupun komputer.

1. Speedtest oleh Okla

Mengece kecepatan internet amat mudah, tidak benar satunya adalah bersama dengan Speedtest oleh Okla. Layanan ini ada di dalam bentuk web dan aplikasi mobile. Kamu bisa download aplikasinya, yang telah ada untuk Android, iOS maupun Windows Phone.

Jika amat malas untuk memanfaatkan aplikasi, anda bisa berkunjung ke website-nya saja. Berikut cara cek kecepatan WiFi bersama dengan web Speedtest oleh Okla :

  • Pertama, membuka browser dan kunjungi Speedtest oleh Okla (https://www.speedtest.net/id)
  • Setelah web terbuka, segera saja klik MULAI.
  • Setelahnya tinggal menunggu hasil cek kecepatan yang ditunaikan oleh sistem.
  • Setelah selesai, anda bisa menyadari kecepatan dari internet yang anda gunakan, mulai dari ping, download, upload dan jitter.

2. Fast.com

Ingin test speed IndiHome yang tengah anda gunakan? Tidak harus khawatir, cek kecepatan IndiHome bisa jalankan bersama dengan gampang dan cepat, yakni bersama dengan Fast.com. Begitu anda berkunjung ke web ini, anda dapat segera menyadari kecepatan internet yang tengah anda gunakan.

Jika belum menyadari caranya, silahkan review tutorialnya di bawah ini :

  • Buka browser, dan kunjungi fast.com.
  • Begitu web terbuka, web dapat mengecek otomatis kecepatan internet.
  • Lalu klik Tampilkan info selengkapnya untuk menyadari kecepatan download, upload dan ping.

3. Speed Test – Speedcheck

Alternatif platform lain yang bisa anda memanfaatkan untuk mengecek kecepatan internet adalah Speed Test – Speedcheck. Layanan ini berbasis website, bisa anda akses melalui browser yang biasa anda gunakan, bisa melalui ponsel, pill maupun komputer.

Berikut caranya :

  • Buka browser dan kunjungi speedcheck.org./id
  • Setelah web terbuka, klik Start Test.
  • Selanjutnya web dapat mengecek kecepatan download dan download.
  • Jika sudah, nanti dapat terlihat hasil tesnya, meliputi kecepatan download, upload, ping dan informasi pelengkap lainnya.

4. MyRepublic.co.id

Apakah internetmu tiba-tiba lemot? Untuk membuktikannya, anda bisa cek kecepatan internet yang anda memanfaatkan tersebut, tidak benar satunya adalah bersama dengan web MyRebulic.co.id. Website ini bisa menambahkan hasil cek kecepatan internet yang akurat, layaknya kecepatan download, upload dan lain sebagainya.

Sebelum mengecek kecepatan internet bersama dengan web ini, pastikan telah menghubungkan perangkat bersama dengan internet tersebut. Hal ini penting, dikarenakan web cuma dapat mengecek kecepatan internet yang tersambung ke perangkat.

Caranya :

  • Pertama, membuka browser, dan kunjungi web https://myrepublic.co.id/test-kecepatan/
  • Setelah web terbuka, segera saja klik MULAI dan menunggu proses cek kecepatan sampai selesai.
  • Setelah proses cek selesai, anda dapat bisa membaca informasi yang muncul, mulai dari kecepatan download, upload, ping dan jitter.

Cek kecepatan internet amat mudah, bisa melalui web layaknya yang dijelaskan di atas. Kamu dapat menyadari kecepatan internet bersama dengan akurat, dan bisa menyimpulkan apakah kecepatannya telah sesuai bersama dengan yang dijanjikan oleh provider.

Tinggalkan komentar