Cara Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus dengan Mudah

WhatsApp memiliki fitur yang terlalu mungkin pengguna untuk menghapus file, baik dari diri sendiri maupun orang lain. Fitur ini dikenal sebagai “Delete for Me”. Dengannya, kita bisa meremehkan foto dan sarana lain yang tidak penting supaya memori tak penuh.

Tak jarang, jari kita justru “terpeleset” dan justru menghapus foto penting yang tetap kita butuhkan ke depannya. Apakah anda dulu atau sedang mengalaminya selagi ini? Kamu pasti bertanya-tanya bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di WA atau WhatsApp itu, kan?

Ada cara yang bisa anda laksanakan untuk memulihkannya kok. Yuk, lihat cara mengembalikan foto whatsapp yang terhapus dan cobalah di smartphone kamu!

Dapatkan dari file backup WhatsApp

Cara Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus dengan Mudah

Cara pertama yang bisa anda laksanakan untuk mengembalikan foto yang terhapus adalah lewat backup. Pada biasanya file yang terhapus tersimpan di Google Drive kecuali anda memanfaatkan smartphone Android dan iCloud kecuali anda memanfaatkan perangkat iOS.

Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang hilang tersebut? Sebelum itu, pastikan anda adalah pengguna yang aktif laksanakan backup, ya. Jika anda memenuhi syarat tersebut, ikutilah beberapa langkah tersebut ini:

  • Cek kapan paling akhir anda backup. Masuklah ke Settings > Chats > Chat Backup;
  • Di sana, akan tersedia Info perihal selagi paling akhir backup yang ditunaikan WhatsApp. Jika foto yang terhapus berada di kurun selagi tersebut, silahkan uninstall aplikasimu;
  • Install lagi aplikasi dan log in seperti biasanya;
  • Ketika tersedia notifikasi untuk restore information lewat backup, iyakan dan klik Next;
  • Setelah proses restore selesai, barangkali besar fotomu akan kembali.
Baca Juga  Cara Mengganti Tema WhatsApp Biar Tampilan Lebih Oke, Super Mudah!

Cari foto di folder sarana WhatsApp

Sering kali, foto atau sarana lain yang terhapus pada aplikasi tetap tersimpan di di dalam smartphone. Tepatnya di di dalam folder sarana WhatsApp. Maka dari itu, tak tersedia salahnya untuk mencoba melacak file tersebut di sana.

Caranya adalah masuk ke di dalam Files kemudian pilih penyimpanan internal smartphone kamu. Setelah itu, klik WhatsApp > Media > WhatsApp Images. Coba cari foto yang anda hilangkan secara cermat di sana. Jika anda menemukannya, langsung simpan lagi atau salin ke folder yang lebih aman.

Mengembalikan foto yang terhapus lewat Google Drive

Berikutnya, anda termasuk bisa mengembalikan foto yang terhapus lewat Google Drive. Namun wajib diingat bahwa cara yang satu ini cuma bisa ditunaikan oleh pengguna smartphone Android, ya. Berikut ini cara yang wajib anda coba:

  • Masuklah ke Google Drive lewat browser atau aplikasi;
  • Masuk ke Trash atau Sampah yang tersedia di menu bagian kiri;
  • Foto dan sarana yang dulu anda hapus dari WhatsApp barangkali besar muncul di sana. Sebab Google Drive merupakan tempat backup WhatsApp untuk Android;
  • Pilih file yang anda inginkan, kemudian pilih Restore atau Pulihkan.

Gunakan WhatsRemoved+

Tak tersedia salahnya untuk berharap perlindungan kepada pihak ketiga untuk memulihkan foto yang hilang. Dalam kasus ini, aplikasi yang bisa anda memanfaatkan adalah WhatsRemoved+. Aplikasi ini memiliki faedah yang beragam. Mulai dari menampilkan pesan yang dihapus oleh pengirimnya sampai mengembalikan foto yang hilang.

Berikut ini beberapa langkah yang wajib anda laksanakan untuk menggunakannya:

  • Download WhatsRemoved+ di Google Play Store;
  • Install dan memberikan izin untuk terhubung WhatsApp;
  • Pilih opsi Save Files dan klik Allow;
  • Semua salinan foto, file, dan chat dari WhatsApp akan tersimpan di di dalam aplikasi ini. Bahkan yang udah terhapus sekalipun.
Baca Juga  Cara Mudah Screen Sharing WhatsApp dari Perangkat Android, iOS, dan Windows

Tinggalkan komentar