Cara Pasang Google Analytics di WordPress Untuk Pemula

Pernah mendengar Google Analytics sebelumnya? Google Analytics adalah suatu layanan dari Google yang berguna untuk menampilkan statistik pengunjung website. Dengan Google Analytics, anda bisa menelusuri behavior customer, cek user reporting, real-time report, trafik website, jalankan monitoring serta lihat visualisasi data.

Google Analytics termasuk bisa diintegrasikan dengan beragam produk lainnya layaknya Google Adwords, Google Ads, Google AdSense serta Google Search Console. Lalu bagaimana sehingga web kami bisa membuka dengan Google Analytics? Bagaimana cara gunakan Google Analytics di web? Yuk mengikuti tahap by tahap selanjutnya ini ya.

Cara Pasang Google Analytics di WordPress

Cara Pasang Google Analytics di WordPress Untuk Pemula

Agar Google Analytics bisa terpasang di web WordPress, tersedia lebih dari satu perihal yang harus anda jalankan yaitu:

1. Mendaftar Google Analytics

Hal pertama yang harus anda jalankan adalah mendaftar Google Analytics terutama dahulu. Silakan buka https://analytics.google.com, sehabis itu login mengfungsikan account googlemu.

2. Memasukkan Akun Google Analytics

Pada anggota Account name, silahkan tulis nama kaun yang diinginkan. Silakan beri tanda centang terhadap anggota Account Data Sharing Settings. Jika udah silahkan klik Next

3. Mengisi Property Setup

Property setup terhadap Google Analytics ini digunakan untuk beri tambahan cermat informasi yang digunakan. Adapun setup yang harus anda mengisi antara lain nama properti, memilih negara, memilih saat negara, dan memilih mata duit negara. Dan silahkan klik Next.

4. Mengisi Detail Informasi Bisnis

Pada anggota ini anda harus mengisi ukuran usaha kamu. Misalnya usaha yang anda jalankan berisikan karyawan kira-kira 1-10 orang, anda bisa memilih Small Bussiness. Selain itu, anda termasuk harus memilih informasi apa saja yang menginginkan anda dapatkan lewat Google Analytics ini. Kamu bisa memilih atau centang semua requirement yang diberikan oleh Google Analytics dan klik Create.

5. Memilih Platform Google Analytics

Terdapat 3 platform Google Analytics yaitu IOS Apps, Android Apps, dan Web . Silakan memilih keliru satu. Pada arahan kali ini, sebab menginginkan menghubungkan Google Analytics dengan web maka silahkan memilih Web.

6. Menentukan Website Yang Ingin Dihubungkan

Sekarang saatnya memilih web yang menginginkan dihubungkan. Tulis nama web dan URL website. Jika sudah, silahkan klik Create stream.

Beri tanda centang terhadap Terms of Service layanan Google Analytics dan jangan lupa klik I Accept

7. Mendapatkan Measurement ID

Silakan menunggu sebentar, maka anda akan diarahkan layaknya gambar selanjutnya ini. Kamu akan mendapatkan Measurement ID yang berguna untuk menghubungkan web dengan Google Analytics.

8. Login ke WordPress

Sekarang saatnya jalankan login WordPress. Untuk jalankan login WordPress, silahkan buka namadomain/wp-admin di web browser. Lalu masukkan username dan password.

9. Memasang Plugin Google Analytics

Agar lebih mudah, anda bisa gunkana pluginGoogle Analytics yang tersedia di WordPress. Silakan cari plugin Google Analytics by ShareThis lalu klik Install Now.

Jika sudah, silahkan klik Activate untuk mengaktifkan plugin Google Analytics.

10. Memasang Google Analytics di WordPress

Jika plugin udah aktif, terhadap anggota sidebar terdapat menu Google Analytics lalu klik Dashboard. Apabila mendapatkan gambar layaknya ini, silahkan klik Settings page.

Sekarang saatnya memasang measurement ID sehingga bisa membuka ke Google Analytics. Silakan untuk memasukkan measurement IDdi kolom Tracking ID .

11. Cek ke Google Analytics

Silakan ulang ke halaman https://analytics.google.com lantas menunggu hingga 2×24 jam untuk mendapatkan hasil analitik/ statistik website.

Tinggalkan komentar