Cara Staking NFT untuk Pemula

Kebanyakan dari Anda kala mendengar arti Non-Fungible Token (NFT), tentu akan langsung berpikir perihal wujud digital suatu karya seni ataupun barang koleksi yang nilainya berpotensi tumbuh bersamaan waktu. Meski popularitas NFT tidak sesignifikan layaknya sebagian th. terakhir, namun berkat sifat dan kelangkaannya yang unik, menyebabkan NFT masih miliki daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Terlebih kala sebagian besar public figure ternama masih kerap masuk ke di dalam komunitas NFT, menyebabkan popularitas NFT selamanya hidup dan bernilai untuk dimiliki sebagai keliru satu aset investasi.

Karena NFT udah diakui sebagai aset investasi, banyak pengembang dan artis menjadi mencari langkah baru untuk memakai NFT, tak sekedar cuma untuk menjadi barang koleksi digital. Salah satu inovasi berikut adalah menjadikan NFT sebagai token utilitas di platform staking.

Hal ini amat mungkin pemegang NFT mengunci asetnya di platform, untuk memperoleh hadiah tanpa perlu menjajakan koleksi mereka. Meskipun konsepnya tergolong baru jika dibandingkan dengan yield farming DeFi lainnya, staking NFT udah lumayan layak untuk dipertimbangkan, apalagi jika Anda merupakan seorang kolektor NFT.

Apa itu Staking NFT?

Cara Staking NFT untuk Pemula

Konsep basic staking NFT mengacu terhadap penguncian aset terhadap platform atau protokol spesifik untuk memperoleh hadiah staking dan hak istimewa lainnya. Dengan demikian, pemegang NFT mampu memperoleh passive income sembari selamanya miliki kepemilikan penuh atas aset NFT mereka. Ini adalah langkah alternatif baru untuk menghasilkan duwit tanpa perlu trading atau menjajakan belikan NFT.

Dari situ kami mampu jelas bahwa, staking NFT sebenarnya terlalu mirip dengan konsep yield farming DeFi lainnya. Dengan mengunci aset NFT, pengguna mampu memperoleh hadiah berdasarkan tingkat bunga tahunan dan kuantitas aset yang mereka pertaruhkan. Staking NFT tentu mampu beruntung investor individu karena pasokan keseluruhan condong lebih rendah. Namun tidak cuma itu, konsep berikut termasuk mampu meningkatkan nilai NFT secara keseluruhan dan meningkatkan permintaan karena tidak ulang sekadar mengoleksi karya seni digital semata.

Cara Staking NFT

Saat ini, udah ada banyak blockchain yang beroperasi memakai mekanisme konsensus Proof-of-Stake (PoS). Mekanisme operasional blockchain tentu memerlukan validator untuk memverifikasi transaksi dan memelihara keamanan jaringan. Nah, untuk mampu menjadi validator konsensus PoS, seseorang perlu mengunci sejumlah cryptocurrency supaya memperoleh peluang dipilih secara acak untuk memverifikasi transaksi. Validator memperoleh bayaran kripto dari staking yang dilaksanakan mereka.

Demikian pula dengan staking NFT, Anda termasuk mampu mengunci aset berikut di platform atau protokol untuk memperoleh hadiah sebagai imbalan validator di jaringan. Meski demikian, staking NFT mampu miliki peraturan yang tidak sama terhadap setiap protokol. Sebab, sebagian protokol mengharuskan pemegang NFT untuk pilih proposal kontrak berbeda-beda, namun sebagian lainnya langsung membayar penggunanya cuma dengan mengunci aset mereka.

Untuk mampu berpartisipasi di dalam staking NFT, Anda cuma butuh dompet kripto yang mampu menyimpan NFT. Kemudian, kirim NFT yang Anda miliki ke platform staking dan menguncinya untuk jangka pas tertentu. Setelah aset NFT terkunci, Anda akan menjadi memperoleh hadiah. Namun perlu diingat bahwa, tidak seluruh NFT mampu dikunci layaknya cryptocurrency. Karena itu, pastikan untuk memeriksa platform dan project NFT pilihan Anda sebelum akan menguncinya.

Platform Staking NFT

Sebagian besar fitur staking NFT ada di game Play-to-Earn (P2E) atau platform metaverse layaknya MOBOX, Axie Infinity, Polychain Monsters, Sandbox, dan banyak lagi. Selain itu, Anda termasuk mampu mendapatkan fitur staking NFT terhadap protokol DAO dan bursa kripto, layaknya Binance Fan Token Platform dan DOGE Capital.

Fan Token Binance

Sebagai keliru satu bursa terbesar di dunia, Binance merupakan bursa kripto pertama yang menawarkan platform area staking NFT untuk memperoleh hadiah dengan menunjang tim olahraga favorit mereka. Dengan mengunci NFT, pengguna Binance akan memperoleh hadiah ekstra Binance Fan Token. Fan Token berikut terhadap dasarnya adalah token utilitas yang dikeluarkan oleh klub olahraga tertentu. Token ini amat mungkin pengguna untuk menikmati beraneka hak istimewa klub. Misalnya, Anda mampu memperoleh discount spesifik untuk tiket, memperoleh barang dagangan edisi terbatas, atau apalagi miliki hak suara terhadap keputusan penting di dalam klub.

MOBOX

Contoh lain dari platform staking NFT adalah MOBOX, yaitu game P2E yang mencampurkan yield farming DeFi dan NFT. Dibangun di dalam jaringan BNB Smart Chain, MOBOX miliki metaverse yang disebut MOMOverse, area di mana Anda mampu memperoleh beraneka NFT yang disebut MOMO. Anda mampu minting, belanja MOMO dari marketplace game, dan men-staking-nya untuk mendapat passive income. Mengunci MOMO akan memberi Anda hadiah MBOX, mata duwit asli MOBOX. Jumlah hadiah yang Anda dapatkan setiap hari didasarkan terhadap kuantitas MOMO yang Anda staking. Jadi, jadi banyak yang Anda staking, jadi tinggi hadiahnya.

Splinterland

Salah satu game dengan fitur staking NFT adalah Splinterlands, yaitu permainan kartu koleksi berbasis blockchain yang dibangun di jaringan Hive. Di game ini, Anda mampu transaksi jual beli kartu digital dan dilengkapi dengan pengidentifikasi tingkat kelangkaan NFT. Ada lebih dari 500 macam kartu di dalam game yang mampu disatuka dan digunakan pemain di dalam pertempuran.

Di Splinterlands, pemain mampu staking kartu NFT mereka di kumpulan likuiditas dan membiarkan pemain lain meminjamkan kartu berikut untuk memperoleh hadiah bunga. Selain itu, pemain termasuk mampu men-staking token asli game tersebut, Splinter Shards (SPS) untuk memperoleh hadiah, memperoleh hak suara, dan juga menikmati bonus spesifik di dalam game.

Kesimpulan

Staking NFT adalah langkah baru untuk memperoleh penghasilan tambahan dari koleksi NFT yang disimpan. Alih-alih cuma mengoleksi karya seni digital, pemegang NFT mampu menggunakannya untuk menghasilkan passive income. Jika Anda mendambakan mengawali staking NFT, penting untuk jelas lebih-lebih dulu perihal apa yang mendambakan didapatkan.

Tinggalkan komentar