Jelang Pencoblosan Mahasiswa Luncurkan Aplikasi Warga Jaga Suara

Aplikasi Aplikasi Warga Jaga Suara ini terbentuk atas inisiasi sekumpulan kelompok mahasiswa dan akademisi yang merasa tahapan pemilu sangat penting untuk diawasi. Keberhasilan pemilu bukan hanya ada di tangan penyelenggara ataupun peserta pemilu saja, melainkan juga diperlukan dukungan dari masyarakat dalam menjaga pelaksanaan pemilu agar berjalan dengan jujur, terbuka dan berintegritas.

Dasar itulah yang menjadi semangat dari sekumpulan relawan “Warga Jaga Suara” dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat bergabung serta memantau penyelenggaraan pemilu dengan mengunduh aplikasi Warga Jaga Suara.

Koordinator Nasional (KorNas) Warga Jaga Suara, Hendra Wijaya menjelaskan, Warga Jaga Suara adalah Gerakan Sukarela dan Terbuka untuk semua pendukung pasangan calon 01, 02, 03 ataupun partai politik.

Gerakan ini merupakan non partisan yang berbasis dari partisipasi warga, dengan tujuan utama yaitu memenangkan Indonesia. Pengawasan partisipatif yang dilakukan Warga Jaga Suara itu menurutnya juga berfungsi untuk memperkuat kapasitas dan kualitas pengawasan.

Aplikasi Warga Jaga Suara 2024

“Aplikasi Warga Jaga Suara menjadi wadah partisipasi aktif masyarakat secara sukarela untuk terlibat dalam penyelenggaraan pemilu dalam pelaporan dan pengawasan,” jelas Hendra dalam keterangan yang diterima, Kamis (1/2/2024).

Hendra berharap, adanya aplikasi ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam setiap proses penyelenggaraan pemilu demi menciptakan pemilu Jujur, Terbuka dan Berintegritas. “Tujuan utama gerakan berbasis aplikasi ini adalah Memenangkan Indonesia. Warga Jaga Suara, Saya Bersuara,” tegas Hendra.

Sekretaris Jenderal Warga Jaga Suara Wishnu Fiqrianto menambahkan, Lima hari setelah diluncurkan pada tanggal 27 Januari 2024 lalu, sudah ada 6 ribu warga telah mendaftarkan diri sebagai relawan Warga Jaga Suara.

Baca Juga  Pengertian dan Fungsi Aplikasi Sirekap Pemilu 2024

“Mereka tersebar di 35 provinsi dan lebih dari 200 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Kami berharap, para relawan juga turut memiliki semangat panca warga untuk menjaga kualitas Pemilu di Indonesia, yaitu mengajak lima orang teman, sahabat, saudara, ataupun tetangga untuk bergabung dalam gerakan Warga Jaga Suara dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi tersebut di Playstore,” ajaknya.

“14 Februari bisa disebut hari sakral yang kita sebut perlawanan 14 Februari,” jelas Eep saat berbicara di Ngobrolin People Power 14 Februari 2024 Bersama Masyarakat Jurdil di TPS yang diselenggarakan Santri Spartan di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (26/1/2024).

Eep menjelaskan, bagi pemilik ponsel pintar berbasis android, aplikasi bisa diunduh melalui google playstore. Selanjutnya, ketik aplikasi warga jaga suara.

“Aplikasi ini kata Eep bisa dipergunakan siapa pun untuk 4 hal. Pertama, untuk melaporkan potensi pelanggaran. Misalnya ada yang bagi bansos. Ada stiker paslon. Ini bisa dilaporkan. Silahkan dilaporkan semua potensi pelanggaran,” ungkap dia.

Eep memastikan, pelapor tidak harus dari partai atau tim pemenangan. Tapi laporan yang masuk akan dikoneksikan dan lapor ke tim pemenangan termasuk yang dilaporkan berpotensi melanggar.

Alat Hitung Cepat

Dia mengatakan aplikasi ini tidak menggunakan foto C1 plano KPU. Namun aplikasi ini akan menjadi alat hitung cepat berbasis warga. Diketahui, aplikasi ini meski inisiatifnya tidak wajib yakni mengisi formulir perhitungan suara pilpres di TPS. Namun bila hal itu dilakukan maka akan membantu.

“Ini aplikasi sederhana supaya bisa dipergunakan,” Eep menandasi.

Sebagai informasi, kepada warga yang peduli demokrasi dan ingin menggunakan aplikasi ini, harap agar memasukkan data diri agar tercatat sebagai relawan warga jaga suara.

Baca Juga  Pengertian dan Fungsi Aplikasi Sirekap Pemilu 2024

Kemudian, kepada warga untuk memoto jari yang sudah mencoblos di aplikasi. Foto relawan yang memilih golput pun bisa jadi relawan. Caranya memoto salam Pancasila, yakni salam 5 jari.

Penutup

Dan itulah tadi penjelasan akan Jelang Pencoblosan Mahasiswa Luncurkan Aplikasi Warga Jaga Suara 2024 yang dapat kami bagikan kepada kalian semua dan semoga informasi kali ini dapat memberikan penjelasan yang cukup tepat dan juga bermanfaat kepada kalian semua. Terimakasih dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Tinggalkan komentar