Manfaat Sistem Manajemen Lingkungan iso 14000

Manfaat sistem manajemen lingkungan bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan lingkungan dengan mengintegrasikan antara ekologi, pembuatan kebijakan, perencanaan dan pengembangan sosial dan hal lain yang berkaitan.

Selain dapat meningkatkan kinerja lingkungan, implementasi manajemen lingkungan memberikan sejumlah manfaat antara lain : peningkatan kepatuhan, pencegahan polusi, konservasi Sumber daya, pelanggan baru/pasar, peningkatan efisiensi/ mengurangi biaya, peningkatan semangat kerja karyawan.

Dengan kata lain, Sistem manajemen lingkungan adalah sistem manajemen yang berencana, menjadwalkan, menerapkan dan memantau kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan.

Saat ini di Indonesia, peraturan terkait lingkungan sedang gencar-gencarnya ditegakkan. Hal ini berdampak pada perusahaan dimana dalam proses bisnis/produksi nya, perusahaan tersebut harus memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan.

Ada banyak instrumen dalam membantu perusahaan dalam mengelola lingkungan, salah satunya adalah sistem manajemen lingkungan. Sistem manajemen lingkungan (SML) adalah sistem manajemen yang berencana, menjadwalkan, menerapkan dan memantau kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan (Tibor dan Feldman, 1996).

Penerapan SML ini memiliki banyak manfaat bagi perusahaan, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Hilman dan Kristiningrum, disebutkan manfaat-manfaat yang dirasakan oleh perusahaan yang menerapkan SML. Manfaatnya sebagai berikut:

  • pengurangan pencemaran lingkungan,
  • peningkatan pada proses efisiensi,
  • peningkatan pada kinerja manajemen/moral kerja,
  • peningkatan kepuasan konsumen,
  • peningkatan pemenuhan peraturan lingkungan, dan
  • peningkatan penjualan.

Sistem manajemen lingkungan di perusahaan dapat disusun berdasarkan sistem manajemen yang telah diterapkan oleh perusahaan itu. Namun dapat pula disusun berbasis pada ISO 14001: 2015. Kelebihan dari menerapkan SML berbasis ISO 14001: 2015 ini adalah sebagai berikut:

  • Penyusunan sistem yang lebih mudah dikarenakan ada guideline standar
  • Diakui dunia internasional
  • Dapat secara mudah diintegrasikan dengan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001: 2015 dan sistem manajemen lainnya

Kesimpulan

Dengan adanya informasi Manfaat Sistem Manajemen Lingkungan iso 14000 diatas tadi tentunya kami harapkan kalian dapat mengegetahui informasi ini lebih lanjutnya dan semoga informasi tadi diatas dapat membantu dan memberikan penjelasan yang tepat dan juga bermanfaat.

Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Tinggalkan komentar