Mengenal Teknik Mewing untuk Memperbaiki Struktur Rahang

Mewing adalah gerakan yang dilakukan dengan merapatkan bibir seraya memosisikan lidah di atas langit-langit mulut. Teknik ini diklaim mampu memperbaiki struktur rahang dan gigi yang dapat membuat wajah terlihat lebih tirus.

Manfaat utama teknik mewing adalah memperbaiki dan memperjelas garis rahang sehingga wajah bisa terlihat lebih tirus. Selain itu, teknik mewing juga dipercaya bisa membantu mengatasi sleep apnea dan meredakan ngorok.

Pada dasarnya teknik mewing dilakukan dengan cara memosisikan lidah di langit-langit mulut. Namun, untuk melihat hasil yang signifikan dan stabil, mewing biasanya memerlukan waktu lebih lama, bisa berbulan-bulan hingga beberapa tahun.

Tetapi terlebih dahulu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi atau ahli ortodonti untuk memahami waktu yang dibutuhkan dan memastikan bahwa Anda melakukan mewing dengan benar.

Teknik Mewing untuk Memperbaiki Struktur Rahang

Apakah kalian pernah mendengar apa itu mewing sebelumnya? Mewing adalah gerakan yang dilakukan dengan merapatkan bibir seraya memosisikan lidah di atas langit-langit mulut. Teknik ini diklaim mampu memperbaiki struktur rahang dan gigi yang dapat membuat wajah terlihat lebih tirus.

Teknik mewing pertama kali dipopulerkan oleh seorang spesialis ortodonti asal Inggris, yaitu Dr. John Mew. Adapun tujuan awal dibuatnya teknik mewing adalah untuk memperbaiki struktur rahang anak kecil yang masih dalam masa pertumbuhan.

Namun, seiring berjalannya waktu, teknik ini mulai dipercaya oleh sebagian orang untuk memperjelas garis rahang hingga meniruskan wajah orang dewasa.

Apakah Mewing Berbahaya?

Pada dasarnya mewing adalah teknik yang tergolong aman selama dilakukan dengan tepat. Namun, jika teknik mewing berhasil mengubah struktur rahang dan tidak dilanjutkan dengan penanganan medis lain, kondisi tersebut berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti:

  • Temporomandibular joint syndrome, yaitu kondisi medis yang ditandai dengan rasa nyeri saat menggerakkan otot dan sendi pada rahang.
  • Rahang atas dan rahang bawah menjadi tidak sejajar.
  • Gigi menjadi tidak rata atau menjadi lebih maju.
  • Gigi copot atau patah karena tekanan dari struktur gigi yang tidak sejajar.

Manfaat Mewing

Sebagian orang memercayai gerakan mewing yang dilakukan dengan tepat dan konsisten dapat meratakan posisi gigi serta mempertegas garis rahang karena gerakan tersebut turut memengaruhi pertumbuhan rahang.

Teknik ini juga diklaim mampu membantu mengatasi nyeri pada rahang, sinusitis, serta sleep apnea. Sementara itu, mewing yang dilakukan oleh anak-anak diduga mampu membantu memperbaiki gangguan berbicara dan mengunyah.

Cara Melakukan Mewing yang Aman

Utamanya, mewing dilakukan dengan cara meletakkan lidah pada langit-langit mulut selama beberapa waktu. Adapun langkah-langkah untuk melakukan mewing adalah sebagai berikut:

  • Rapatkan gigi dan bibir.
  • Gerakkan rahang hingga posisi gigi depan bawah berada di belakang gigi depan atas.
  • Letakkan seluruh bagian lidah pada langit-langit mulut.
  • Pastikan ujung lidah berada tepat di belakang gigi depan atas tanpa menyentuhnya.
  • Lakukan gerakan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain menerapkan mewing, Anda juga dapat melakukan olahraga rahang dan lidah untuk melatih otot leher dan mempertegas garis rahang. Berikut langkah-langkahnya:

  • Berbaring dengan posisi telentang.
  • Tekan lidah pada langit-langit mulut.
  • Angkat kepala dan turunkan dagu hingga mendekati dada.
  • Turunkan kepala secara perlahan.
  • Ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

Kendati demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas mewing dalam memperbaiki struktur rahang. Bila ingin memperbaiki struktur gigi dan rahang dengan efektif, Anda dapat menggunakan kawat gigi serta berkonsultasi dengan dokter ortodonti agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Penutup

Dan itu tadi penjelasan mengenai Mengenal Teknik Mewing untuk Memperbaiki Struktur Rahang yang dapat semester.co.id bagikan dan semoga informasi tersebut dapat memberikan penjelasan yang tepat dan juga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Tinggalkan komentar