Pengertian Poster : Ciri-ciri, Jenis, dan Cara Membuat Poster

Semester.co.id – Di era digital saat ini, informasi dapat disajikan melalui berbagai saluran dan media. Salah satu bentuk komunikasi visual populer yang secara efektif menyampaikan informasi adalah poster. Dalam artikel ini kita akan mempelajari lebih dalam makna, karakteristik utama, tujuan, fungsi, jenis, dan langkah-langkah praktis yang terlibat dalam membuat poster Dengan mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang elemen-elemen ini, Sobat semester dapat mengoptimalkan keterampilan mereka dalam merancang poster yang secara efektif menyampaikan pesan mereka. Langsung saja kita simak penjelasan Pengertian Poster dan Pengertian Poster Menurut Ahli.

Pengertian Poster

Poster adalah media publikasi yang menggabungkan teks, gambar, atau kombinasi keduanya untuk menyampaikan ide dan informasi kepada khalayak yang lebih luas Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI, poster adalah plakat yang dipajang di area publik, seperti pengumuman atau iklan. Selain perannya sebagai penyedia informasi, fungsi poster juga mencakup undangan atau saran untuk mengambil tindakan tertentu Poster biasanya ditampilkan di dinding atau lokasi strategis untuk memaksimalkan visibilitas.

Tujuan poster dapat bervariasi tergantung pada niat atau minat pencipta dan dapat melibatkan aspek komersial, publik, informasi, kemanusiaan atau lainnya Dengan kemajuan teknologi, poster tidak lagi terbatas pada format cetak, tetapi juga bisa ada dalam bentuk digital Bentuk seni grafis ini sering ditempatkan pada permukaan datar seperti dinding atau permukaan polos, menggunakan berbagai warna, gambar dan slogan yang menarik untuk menarik perhatian.

Itulah Pengertian Poster, lalu bagaimana Pengertian Poster Menurut Ahli ?

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai:

Poster adalah desain visual yang kuat yang menggabungkan warna-warna mencolok dan pesan yang dibuat dengan hati-hati untuk menarik perhatian publik dan meninggalkan kesan abadi di benak mereka.

Azhar Arsyad:

Sebagai media visual dua dimensi, poster berisi gambar dan pesan ringkas yang dirancang untuk menyampaikan informasi spesifik dan memengaruhi mereka yang melihatnya.

Sri Anitah:

Poster adalah representasi visual yang menggabungkan berbagai elemen seperti garis, kata-kata, dan gambar dengan tujuan menarik perhatian dan menyampaikan pesan dengan cepat dan efektif: Dalam versi ini, fokusnya adalah pada elemen visual poster dan bagaimana mereka bekerja sama untuk menyampaikan pesan daripada tujuan spesifik poster .

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan:

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pengertian Poster dapat didefinisikan sebagai media yang terdiri dari simbol atau karakter sederhana, menyampaikan pesan yang jelas dan mudah dimengerti.

Ciri-Ciri Poster

Sebagai media penyampaian pesan, Poster merupakan alat komunikasi visual yang efektif dengan karakteristik khas sebagai berikut:

  • Memuat kalimat yang membangkitkan semangat atau ajakan, seringkali melalui slogan, untuk menginspirasi suatu aksi atau reaksi spesifik.
  • Menggunakan bahasa yang ringkas, efisien, jelas, dan mudah dimengerti, memastikan pesan disampaikan secara efektif.
  • Mencakup gabungan dari berbagai elemen seperti teks, angka, simbol, dan ilustrasi untuk mengkomunikasikan pesan.
  • Menghadirkan tulisan yang mudah dibaca dengan variasi dalam desain huruf untuk meningkatkan estetika visual.
  • Umumnya dibuat pada bahan seperti kertas atau kain dengan desain yang menarik perhatian.
  • Menampilkan elemen-elemen visual termasuk gambar, lukisan, dan kombinasi warna untuk meningkatkan daya tarik dan efektivitas komunikasi visual.
  • Menyajikan konten yang langsung ke inti tanpa bertele-tele.
  • Dapat menarik perhatian dan meninggalkan kesan yang mendalam dengan sekilas pandang.
  • Bertujuan untuk menyampaikan suatu ide atau pesan dengan tujuan yang jelas.
  • Dipamerkan di permukaan datar, ditempatkan di lokasi strategis atau area publik untuk memastikan visibilitas yang luas.

Fungsi Poster

Poster memiliki beberapa fungsi utama yang perlu dipahami, antara lain:

  • Wadah Ekspresi Kreatif bagi Desainer: Poster menawarkan kesempatan bagi desainer grafis untuk bereksperimen dan mewujudkan visi kreatif mereka melalui elemen desain seperti warna, layout, dan tipografi. Ini memberi ruang bagi ekspresi ide-ide inovatif.
  • Alat Penyampaian Informasi yang Efisien: Berfungsi sebagai kanal komunikasi yang efektif, poster menggunakan elemen visual dan teks yang menarik untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan kepada pembaca dengan jelas.
  • Memudahkan Pencapaian Sasaran Audiens: Dengan penempatan yang strategis, poster memfasilitasi promosi yang lebih fokus ke target pasar tertentu. Ini meningkatkan efektivitas dalam menjangkau kelompok audiens yang dituju dengan pesan yang lebih relevan.
  • Sarana Promosi yang Hemat Biaya: Sebagai alat pemasaran untuk produk atau layanan, poster menawarkan cara yang efektif dan ekonomis untuk menarik perhatian calon pelanggan. Dibandingkan dengan media promosi lain seperti televisi atau radio, produksi poster lebih terjangkau, menjadikannya solusi ideal bagi bisnis atau individu dengan anggaran promosi yang terbatas.

Jenis-Jenis Poster

Poster hadir dalam berbagai jenis, masing-masing dengan tujuan dan isi yang spesifik. Berikut ini adalah klasifikasi dan deskripsi dari beberapa jenis utama poster:

Jenis Poster Berdasarkan Konten

  • Poster Layanan Masyarakat: Poster ini menyajikan informasi tentang berbagai layanan yang tersedia untuk kepentingan umum, seperti inisiatif kesehatan atau program kesejahteraan. Tujuannya adalah untuk menyediakan informasi yang bermanfaat dan meningkatkan kesadaran masyarakat.
  • Poster Kegiatan: Didesain untuk menginformasikan tentang event atau kegiatan yang akan datang, dengan tujuan menarik partisipasi dan kehadiran publik. Poster ini sering digunakan untuk mengumumkan acara, lokakarya, atau festival.
  • Poster Karya Seni: Merupakan ekspresi artistik yang ditujukan untuk pameran atau promosi karya seni. Poster ini lebih fokus pada aspek estetika dan sering kali subjektif dalam interpretasi.
  • Poster Niaga: Fokus pada promosi produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis. Poster jenis ini bertujuan untuk memikat konsumen dan mendorong penjualan dengan menampilkan keunggulan atau penawaran khusus.
  • Poster Pendidikan: Berisi materi informatif atau edukatif yang ditujukan untuk memberikan pengetahuan atau meningkatkan kesadaran tentang topik tertentu. Poster ini sering ditemukan di institusi pendidikan dan tempat-tempat publik lainnya.

Masing-masing jenis poster ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi dan promosi yang beragam, dari meningkatkan kesadaran publik hingga mempromosikan kegiatan dan produk.

Poster Berdasarkan Tujuannya

Dari sudut pandang tujuannya, poster dapat diklasifikasikan menjadi berbagai kategori, yang masing-masing memiliki fungsi dan target audiens spesifik:

  • Poster Kampanye: Digunakan dalam konteks politik, khususnya selama periode pemilihan, dengan tujuan untuk memenangkan dukungan atau simpati dari publik terhadap kandidat atau isu tertentu.
  • Poster Kelas: Dirancang untuk ruang edukasi, memberikan informasi, inspirasi, atau motivasi kepada siswa, seringkali melalui kutipan inspiratif atau materi pelajaran visual.
  • Poster Propaganda: Bertujuan untuk mempengaruhi opini atau perilaku masyarakat dengan menyampaikan pesan-pesan yang mengandung ajakan atau dukungan terhadap suatu ideologi atau agenda.
  • Poster Afirmasi: Mengandung pesan-pesan positif atau afirmatif yang dirancang untuk memotivasi atau meningkatkan kepercayaan diri pembaca.
  • Poster Film: Digunakan untuk promosi film, dengan tujuan menarik penonton ke bioskop atau platform penayangan dengan menampilkan aktor, adegan, atau elemen kunci dari film.
  • Poster “Dicari”: Berfungsi untuk mencari orang, objek, atau menyediakan informasi tentang sesuatu yang hilang atau dibutuhkan, seperti lowongan pekerjaan atau orang hilang.
  • Poster “Cheesecake”: Terutama bertujuan untuk menarik perhatian dengan menggunakan gambar atau daya tarik visual, seringkali dengan menampilkan selebriti atau model.
  • Poster Komersial: Sama dengan poster niaga, digunakan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa, dengan tujuan meningkatkan penjualan atau kesadaran merek.
  • Poster Komik: Ditujukan untuk mempopulerkan judul-judul komik, mengundang pembaca untuk tertarik dan terlibat dengan cerita atau karakter komik tersebut.
  • Poster Riset: Berfokus pada penyebaran informasi ilmiah atau hasil penelitian, sering ditemukan di konferensi akademik, universitas, atau lembaga penelitian, untuk berbagi pengetahuan dengan komunitas yang lebih luas.

Bagaimana Cara Membuat Poster yang Baik?

Membuat poster yang efektif dan menarik memerlukan perencanaan dan kreativitas. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat membantu Sobat Semester dalam proses pembuatan poster:

1. Tentukan Tema dan Tujuan

  • Awali dengan menetapkan tema dan tujuan poster. Hal ini penting untuk memastikan pesan yang ingin disampaikan dapat tercapai secara efektif. Jika poster adalah untuk promosi produk atau jasa, pastikan tema dan tujuan sesuai dengan target pasar.

2. Pilih Kalimat Efektif

  • Gunakan kalimat yang singkat, padat, dan mudah dipahami. Hindari menggunakan kalimat yang terlalu panjang atau informasi yang rumit, agar pembaca tidak kehilangan minat. Kata-kata yang dipilih harus dapat membangkitkan minat atau memotivasi pembaca untuk bertindak sesuai dengan tujuan poster.

3. Desain dengan Gambar yang Menarik

  • Integrasikan gambar atau grafik yang menarik untuk mendukung teks dalam poster. Gambar yang relevan dan menarik dapat meningkatkan daya tarik visual dan membuat pesan lebih mudah diterima oleh pembaca. Pastikan proporsi antara teks dan gambar harmonis untuk menciptakan kesan visual yang seimbang.

4. Pilih Media yang Sesuai

  • Tentukan media cetak yang akan digunakan, seperti kertas, kain, atau media digital, berdasarkan di mana dan bagaimana poster akan ditampilkan. Pilihan media harus mempertimbangkan durabilitas dan visibilitas poster, terutama jika akan dipasang di luar ruangan atau di area dengan traffic tinggi.

Tips Tambahan:

  • Warna dan Font: Gunakan kombinasi warna yang menarik perhatian namun tidak mengganggu kenyamanan visual. Pilih font yang mudah dibaca dan ukuran huruf yang tepat untuk memastikan pesan dapat dibaca dari jarak jauh.
  • Pesan Utama: Pastikan pesan utama atau ajakan aksi (call-to-action) jelas dan menonjol. Ini adalah bagian paling penting yang harus dilihat dan dipahami oleh pembaca.
  • Feedback: Sebelum finalisasi, minta pendapat dari orang lain mengenai desain poster. Feedback dapat membantu mengidentifikasi aspek yang mungkin perlu ditingkatkan.

Mengikuti langkah-langkah ini dapat meningkatkan kemungkinan bahwa poster Anda akan menarik perhatian dan menyampaikan pesan dengan efektif kepada audiens yang ditargetkan.

Berikut adalah contoh poster yang masuk ke dalam jenis poster kelas.

Contoh Poster

Dengan informasi yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa poster memainkan peran penting dalam mengkomunikasikan informasi secara visual Memahami elemen kunci poster, seperti karakteristik, tujuan, fungsi, jenis, dan proses pembuatannya dapat membantu TelUtizen mengkomunikasikan ide dan informasi lebih banyak efektif melalui poster dalam berbagai konteks akademik dan profesional.

Tinggalkan komentar