Pengertian Valuta Asing dan Tujuan Beserta Contoh Lengkap

Valuta Asing Pasar valuta asing atau juga disingkat valas adalah suatu jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan. 

Tanpa disadari, Anda yang sering bepergian pasti sering menghabiskan uangnya di sana. Penukaran mata uang tentunya harus ada karena mata uang yang digunakan adalah mata uang internasional. Dengan begitu, Anda perlu menukarkan mata uang agar dapat membeli barang yang diinginkan untuk melakukan transaksi pembayaran yang dapat diterima dan diakui secara internasional.

Untuk lebih jelasnya maka kalian dapat menyimak ulasan beserta penjelasan detailnya yang akan kami sediakan dan bagikan jawabannya dibawah ini.

Memahami Pengertian Valuta Asing

Mata uang yang digunakan dalam dunia perdagangan internasional, dan telah diterima atau diakui oleh banyak negara yang terlibat di dalamnya disebut juga mata uang asing atau dikenal dengan istilah mata uang asing. mata uang asing.

1. Eng, Lees, & Mauer

Mata uang asing adalah mata uang asing yang menjadi tuntutan keuangan atau aset suatu perusahaan dalam bentuk mata uang asing tersebut.

2. Hamdi Hadi

Mata uang asing adalah mata uang asing yang mempunyai fungsi sebagai alat pembayaran, membiayai setiap transaksi kegiatan ekonomi keuangan internasional dan mempunyai catatan nilai tukar resmi pada bank sentral yang ada.

3.Jose Rizal Joesoef

Mata uang asing adalah mata uang asing yang digunakan sebagai alat pembayaran di luar negeri.

Objektif

Terdapat beberapa tujuan didalamnya, yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai alat atau media bertransaksi
  • Sebagai alat atau media untuk menjaga daya beli
  • Dapat mengirim uang ke luar negeri dengan mudah
  • Bertujuan untuk memperoleh keuntungan atau keuntungan
  • Bertujuan untuk manajemen risiko (lindung nilai)
  • Dapat mempermudah segala aktivitas berbelanja di negara lain

Fungsi

Selain mempunyai tujuan tentunya mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai berikut:

1. Alat untuk Memfasilitasi Perdagangan Internasional

Setiap negara di seluruh penjuru dunia semakin mudah dalam melakukan kegiatan jual beli karena tidak perlu pusing memikirkan mata uang yang berbeda dengan negara lain, artinya tidak ada kendala atau permasalahan terkait penggunaan mata uang tersebut. .

2. Alat Pengendali Nilai Tukar

Nilai tukar suatu negara sewaktu-waktu bisa menguat atau melemah. Oleh karena itu, dengan mengelola tingkat penggunaan mata uang asing tertentu, suatu negara dapat mengendalikan nilai tukar mata uangnya dengan lebih mudah.

3. Alat Pertukaran Internasional

Dengan devisa berfungsi sebagai uang yang digunakan sebagai alat tukar barang dalam dunia perdagangan internasional karena sudah diakui dan diterima.

4. Alat Pembayaran Internasional

Selain sebagai alat pembayaran yang sah dan diakui oleh kedua negara, juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia perdagangan internasional.

Pelaku pasar

Ada beberapa pelaku pasar valuta asing, yaitu sebagai berikut:

1. Dealer / Pembuat Pasar)

Dealer adalah pihak yang membuat pasar mata uang menjadi lebih aktif atau hidup. Dealer ini bertugas untuk menentukan tingkat atas pasokan suatu mata uang tertentu dan menghasilkan keuntungan, dimana keuntungan tersebut berasal dari selisih harga jual dan harga beli mata uang asing tersebut.

Di negara-negara yang bertindak sebagai dealer, ini semua adalah bank di dunia atau negara.

2. Perorangan/Perusahaan

Perusahaan swasta juga terlibat dalam transaksi perdagangan valuta asing, hal ini bertujuan untuk mengefektifkan operasional bisnisnya. Misalnya importir, eksportir, investor, dan lain sebagainya.

3. Arbiter & Spekulan

Pihak ketiga dalam suatu negosiasi dapat menegakkan kesepakatan apapun untuk mendapatkan keuntungan dengan menggunakan perbedaan harga, yang disebut juga dengan wasit.

Sedangkan orang yang berspekulasi terhadap segala perubahan yang terjadi pada nilai mata uang tertentu untuk memperoleh keuntungan berdasarkan perubahan atau fluktuasi harga umum disebut sebagai spekulan.

Keduanya tentu melakukan aksinya sendiri-sendiri dan seringkali tidak mempunyai kewajiban melayani pembeli serta tidak menjamin keberlangsungan pasar.

4. Pialang

Pihak yang mempunyai tugas sebagai perantara pada pertemuan penawaran (penjual) dan permintaan (pembeli) berdasarkan harga suatu mata uang tertentu disebut broker.

Karena tugasnya tersebut, tidak jarang broker ini memiliki akses berkomunikasi dengan dealer dan bank di seluruh dunia.

5. Bank Sentral

Bank Sentral merupakan pihak yang mempunyai peran sebagai pengendali pasar, dimana bank ini berupaya untuk mengendalikan mata uang negara, inflasi dan suku bunga negara.

Contoh pertukaran mata uang asing

Ketika keluarga Anda berlibur ke Amerika, tentu mereka akan mengeluarkan uang untuk membeli barang dan jasa di negara tersebut. Nah, agar keluarga Anda bisa menafkahinya, tentunya Anda akan membayarnya menggunakan uang yang berlaku di negara tersebut.

Namun dengan menggunakan mata uang asing (mata uang asing) Anda dan keluarga dapat menggunakan mata uang ini dimanapun mata uang tersebut diterima dalam dunia perdagangan antar negara.

Dimana uang yang banyak diterima di semua negara adalah dollar, sehingga ketika anda sekeluarga berlibur ke negara tersebut anda bisa menggunakan dollar sebagai penggantinya.

Apa manfaat pertukaran asing?

Dengan adanya pasar valuta asing akan memudahkan segala transaksi yang terjadi antar negara tertentu sehingga akan meningkatkan devisa negara tersebut.

Apa yang dimaksud dengan nilai tukar mata uang asing?

Nilai tukar mata uang asing merupakan perbandingan harga atau nilai di luar negeri dengan yang ada di negara kita sendiri

Penutup

Bagaimana sudah jelas dengan informasi diatas megenai Pengertian Valuta Asing dan Tujuan Beserta Contoh Lengkap? semoga informasi tersebut dapat memberikan penjelasan yang cukup tepat dan juga bermanfaat, terimakasih dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Tinggalkan komentar