Perbedaan Antara Pancasila dengan Ideologi Komunisme RI

Pancasila adalah falsafah dasar negara Indonesia yang berisi nilai-nilai kemanusiaan, demokrasi, keadilan sosial, dan ketuhanan. Sementara itu, komunisme mengangkat dasar filosofis Marxisme-Leninisme. Paham ini berfokus pada kepemilikan kolektif atas sumber daya, perjuangan kelas, hingga penghapusan kelas sosial.

Perbandingan Pancasila dengan ideologi komunisme perlu dipahami oleh bangsa Indonesia. Pancasila dan komunisme merupakan dua ideologi yang sangat bertolakbelakang yang mana perbedaan tersebut dapat diamati dari segi prinsip dasar, nilai-nilai, hingga pandangan terhadap sistem ekonomi dan politik.

Memahami perbedaan tersebut dapat membantu mengenal lebih dalam ideologi tersebut dan menguatkan rasa cinta tanah air sehingga untuk lebih lengkapnya akan perbandingan tersebut kalian dapat menyimak ulasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Perbedaan Antara Pancasila dengan Ideologi Komunisme

Mengutip buku Konsep Tindak Tutur Komunikasi, Wahyu Wibowo (2022), ideologi merupakan seperangkat kepercayaan yang di dalamnya terdapat perbedaan berbagai motif yang mendasarinya, sehinga bisa terjuwud individual maupun sosial. Berikut adalah perbandingan Pancasila dengan ideologi komunisme.

1. Dasar Filosofis

Pancasila adalah falsafah dasar negara Indonesia yang berisi nilai-nilai kemanusiaan, demokrasi, keadilan sosial, dan ketuhanan. Sementara itu, komunisme mengangkat dasar filosofis Marxisme-Leninisme. Paham ini berfokus pada kepemilikan kolektif atas sumber daya, perjuangan kelas, hingga penghapusan kelas sosial.

2. Peran Negara

Perbedaan Pancasila dan komunisme juga bisa diamati dari segi peran negara. Pancasila cenderung mempertahankan konsep negara yang demokratis dengan sistem perekonomian yang mengikutsertakan sektor swasta dan publik.

Adapun komunisme berfokus pada negara yang mengendalikan ekonomi dan kebijakan politik secara penuh. Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat tanpa kelas.

3. Kepemilikan Sumber Daya

Pancasila memberi ruang bagi setiap individu untuk memiliki sesuatu secara pribadi dan mengakui hak asasi bagi setiap orang. Adapun komunisme membawa paham kepemilikan kolektif terkait sarana produksi dan sumber daya untuk menghapus kepemilikan pribadi.

4. Sistem Politik

Perbandingan Pancasila dan komunisme yang berikutnya dapat dilihat dari segi sistem politik. Pancasila mengakui demokrasi sebagai sistem politik yang tepat dengan nilai-nilai dasar bangsa Indonesia. Hal ini bertentangan dengan paham Komunisme yang menerapkan sistem politik otoriter dan partai tunggal yang sangat dominan.

5. Kebebasan Individu

Pancasila sangat menghormati kebebasan individu, Hak Asasi Manusia (HAM) dan pluralisme di Indonesia. Adapun komunisme sering kali mengorbankan kebebasan individu untuk kepentingan yang bersifat kolektif.

Perbandingan Pancasila dengan ideologi komunisme yang dijelaskan di atas menggambarkan tentang perbedaan mendasar pada kedua paham tersebut. Pancasila hanya dianut oleh negara Indonesia, sementara komunisme dianut oleh berbagai negara, seperti Laos, Korea Utara, Vietnam, dan Republik Rakyat Tiongkok.

Kesimpulan

Kalian sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan Perbedaan Antara Pancasila dengan Ideologi Komunisme RI diatas dan semoga informasi tersebut dapat memberikan penjelasan yang cukup tepat dan juga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa dipembahasan lainnya.

Tinggalkan komentar