Tinjauan Pustaka Proposal, Makalah, dan Penelitan

Tinjauan Pustaka sering dicari oleh para pelajar dan mahasiswa. Keduanya sering terlibat di dalam tugas akademik yang mengharuskan dilaksanakannya sebuah penelitian dan penelaahan. Hasil akhir dari tugas selanjutnya pastinya dapat dikemas di dalam bentuk makalah, proposal, maupun skripsi, tesis dan disertasi, apalagi jurnal ilmiah.

Tugas akhir yang sempurna tentu dapat memuat tinjauan pustaka penelitian. Biasanya tercantum setelah Bab ke-1 atau Pendahuluan yaitu pada Bab ke-2. Membuat tinjauan pustaka bagi sebagaian orang bisa saja jadi hal yang sulit, sebab tidak mengetahui apa saja yang perlu dimuat didalamnya.

Jadi apa itu tinjauan pustaka? Bagaimana langkah membuatnya? Serta layaknya apa semisal tinjauan pustaka? Artikel ini dapat menunjang anda mengurai semisal tinjauan pustaka agar gampang dipahami dan dimengerti.

Apa Itu Tinjauan Pustaka?

Tinjauan Pustaka Proposal, Makalah, dan Penelitan

Banyak pihak yang menganggap bahwa tinjauan pustaka sama bersama daftar pustaka. Mungkin sebab keduanya sama-sama memuat arti pustaka, agar dianggap sama. Keduanya mengetahui berbeda, ya.

Umumnya, tinjauan pustaka berada pada bab ke dua di dalam suatu karya tulis ilmiah. Adapun daftar pustaka ialah kumpulan dari seluruh sumber literatur yang sudah digunakan sebagai referensi dari tulisan ilmiah. Daftar pustaka berada di anggota akhir suatu karya tulis ilmiah.

Tinjauan pustaka sering terhitung disebut tinjauan literatur. Merupakan ringkasan komprehensif terkait penelitian-penelitian di awalnya yang relevan bersama topik tertentu. Tinjauan pustaka haruslah menyebutkan, merangkum, menjelaskan, secara objektif mengevaluasi, dan juga memperjelas tentang penelitian sebelumnya.

  • Pengertian Tinjauan Pustaka Oleh Para Tokoh
  • Tinjauan pustaka merupakan penjelasan kembali terkait penelitian sebelumnya. Harus memuat tentang beragam pengakuan para peneliti di awalnya yang dikutip, tentang penelitian sejenis yang dijalankan pas ini. (Leedy)
  • Tinjauan pustaka merupakan kegiatan membaca, mencari, dan menelaah beragam temuan penelitian yang dianggap relevan bersama penelitian pas ini yang dapat dilakukan. (Eki Meliansyah)
  • Saran yang mencakup beragam anggota penelitian yaitu mencakup pendahuluan, bab pembahasan dan juga asumsi disebut bersama tinjauan pustaka. (Castetter dan Heisler)
  • Tinjaun pustaka merupakan salah satu bab di dalam suatu karya tulis ilmiah, mengatakan tentang teori apa saja yang digunakan. Memiliki kegunaan hipotesis (dugaan awal) pada suatu penelitian.(Ganda)

Berdasarkan pandangan sebagian tokoh tersebut, maka tinjauan pustaka sanggup diartikan sebagai suatu kegiatan yang meninjau kembali. Ataupun kegiatan membawa dampak liat tentang sekumpulan bahan rujukan yang dipakai yang dianggap relevan bersama topik suatu penelitian.

Apa Itu Tinjauan Pustaka?

Bagian ini merupakan salah satu anggota paling penting pada tahapan awal suatu penelitian. Ada sebagian penyebutan terkait Tinjauan Pustaka, diantara disebut sebagai: kerangka teori, kerangka konseptual, belajar literatur, maupun landasan teori.

Setiap karya tulis ilmiah pastilah di dalamnya mencantumkan tinjauan pustaka. Hal ini dijalankan untuk mempertegas batas-batas logis suatu penelitian. Selain itu, terhitung dijadikan pedoman ataupun acuan peneliti untuk mengupas (melihat kembali) apa saja yang relevan dan tidak bagi penelitiannya. Contoh tinjauan pustaka terdapat pada artikel ini.

Tinjauan pustaka jadi dasar pijakan (fondasi penelitian) untuk mendapatkan dan juga membangun suatu landasan teori. Kemudian setelah diuraikan landasan teori, maka berikutnya dapat terbentuk suatu kerangka pikir dan juga hipotesis penelitian. Hal ini dapat memudahkan penulis untuk melanjutkan karya tulis ilmiah pada tahapan selanjutnya.

Cara Membuat Tinjauan Pustaka

Sebelum kita mengupas semisal tinjauan pustaka, lebih-lebih dahulu kita mengupas langkah pembuatannya.

Ada banyak langkah untuk membawa dampak tinjauan pustaka. Poin utamanya ialah buatlah bersama tulisan yang sistematis. Tujuannya adalah agar gampang untuk menangkap maksud penulisan, mengevaluasi, dan juga menyimpulkan suatu tinjauan pustaka.

Creswell di dalam buku Research Design, tunjukkan terdapat 3 langkah menulis semisal tinjauan pustaka. Yaitu: mengidentifikasi kata kunci, lantas lengkapi bersama beragam referensi lainnya, dan paling akhir uraikan selengkap mungkin.

Berikut ikhtisar praktis pembuatan tinjauan pustaka penelitian:

  • Buatlah outline (kata kunci) yang sesuai kebutuhan dapat informasi. Misalnya pada judul “Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha”. Maka kata kunci yang sanggup kita cari informasinya ialah terkait Mata kuliah Kewirausahaan dan Minat Berwirausaha.
  • Lakukan pencarian rujukan atau referensi seaktual mungkin, terkait tema yang dipilih. Pencarian sanggup dijalankan dari buku maupun jurnal ilmiah.
  • Gunakanlah kalimat anda sendiri pada pas menuliskan kembali teori atau kutipan dari para pakar. Optimalkan pemanfaatan parafrase, ataupun sinonim. Begitu terhitung pemanfaatan isyarat kutip untuk kutipan segera agar terhindar dari konteks plagiasi.
  • Melihat Secara Umum Bagian Judul. Langkah paling akhir pembuatan tinjauan pustaka ialah menyaksikan anggota lazim judul. Maksudnya ialah apa saja yang sanggup diuraikan secara teoritis dan juga lebih luas lagi, contoh: terdapat kata pengaruh, mahasiswa dan lainnya.

Tinggalkan komentar